9 Alasan Memutuskan Berpisah Setelah Bersama Dalam Waktu Lama

Hubungan lama tak jadi jaminan langgeng.

  • Hubungan yang telah terjalin lama, sampai tahunan ada yang berhasil lanjut ke pernikahan yang abadi sampai kakek nenek atau sampai maut memisahkan. Tapi tak sedikit juga hubungan yang telah terajut lama tapi tak berhasilblanjut ke pernikahan. Atau hubungan pernikahan yang telah berlangsung lama tapi ternyata bercerai juga akhirnya. Seperti yang dialami oleh artis senior Lidya Kandou dan penyanyi Jamal Mirdad yang memutuskan berpisah setelah puluhan tahun merajut mahligai rumah tangga.

  • berpisah

Apa penyebab seseorang memutuskan berpisah dari pasangannya setelah bersama dalam jangka waktu lama?

(1) Orang berubah
  • Manusia berubah seiring dengan waktu. Seiring dengan pertambahan umur yang mengarahkan pikiran semakin matang orang mulai cenderung memikirkan banyak hal secara dewasa. Hal ini bisa mengubah dinamika suatu hubungan. Apa bisa semakin menguatkannya, mengembalikannya seperti semula saat dilanda masalah atau malah memisahkannya? Jika sebelumnya dia memilih pasangan karena cinta, setelah bersama sekian tahun dia menyadari bahwa rasa cintanya telah hilang. Rasa cinta yang selama ini menjadi penguat hubungan dengan pasangannya, menjadi lemah dan membuatnya memilih berpisah.
(2) Cinta saja tak cukup
  • Bagi pasangan yang dipersatukan oleh cinta, seiring dengan berjalannya waktu menyadari bahwa saling mencintai saja tidak cukup untuk mempertahankan hubungan. Dibutuhkan perhatian, kesabaran, pengertian dan kesetiaan yang terus menerus harus dijaga. Kapan semua ini tidak dilakukan maka hubungan berpotensi untuk goyah. Jika sudah melebihi ambang batas yang tak dapat ditolerir maka seseorang memilih berpisah saja meskipun dalam hati dia masih menyayangi pasangannya.
(3) Karena hubungan sudah tidak menantang lagi.
  • Seseorang yang sedang jatuh cinta merasa tertantang untuk membuktikan rasa cinta pada pasangannya. Selalu ada hal baru dan menarik setiap hari dalam hubungan tersebut. Setelah sekian tahun bersama, tantangan sudah tidak ada lagi berganti dengan rutinitas dengan orang yang sama. Akhirnya hubungan terasa hambar dan tak bergairah lagi. 
(4) Meningkat rasa percaya dirinya.
  • Mungkin saja dulu dia menerima cinta pasangannya hanya karena ingin hidup lebih baik. Setelah bersama sekian lama dia pelan-pelan bisa hidup mandiri, punya pekerjaan dan merasa tak tergantung lagi pada pasangannya, bisa membuat seseorang memutuskan untuk berpisah.
(5) Tak ada lagi yang bisa menahannya.
  • Jika sebelumnya seseorang menikah tanpa cinta tapi yang membuatnya bertahan adalah karena orang tua atau anak-anak. Setelah orangtua meninggal atau anak-anak sudah besar dan mandiri tak ada lagi yang bisa menahannya dan memilih berpisah itu lebih baik.
(6) Tidak memperoleh apa yang dibutuhkannya.
  • Salah satu sebab mengapa hubungan berakhir setelah lama bersama karena salah satu atau keduanya tidak mendapatkan kebutuhan / keinginannya dalam hubungan tersebut. Seperti pasangan yang mulai berhenti berusaha menunjukkan cintanya, pasangan yang tidak lagi menunjukkan rasa hormat/respek padanya lagi, pasangan yang berubah jadi kasar dan doyan menyakiti.
(7) Merasa dikhianati
(8) Tertarik pada orang lain
  • Seseorang yang merasa tidak mendapatkan apa yang menjadi kebutuhannya dari pasangan kemudian menemukan hal tersebut pada orang lain, bisa mengorbankannya hubungannya yang lama itu demi mengejar kebahagiaan hidupnya. Buat apa bertahan dengan pasangan yang tak membahagiakan?
(9) Mengalami KDRT
  • Kekerasan dalam rumah tangga atau dari satu pasangan kepada yang lainnya, adalah salah satu isu yang membuat seseorang meninggalakan pasangannya. Tidak ada yang sanggup bertahan dalam hubungan yang tak seimbang dimana satu orang jaub lebih dominan dibanding orang lain.

Comments

Popular posts from this blog

Lagu Move on " I'll Be Over You - TOTO

Bagaimana Sikapmu Saat Nembak Cewek, Dia Bilang "Kita Temenan Aja?"

Mengapa Ada Orang Yang Suka Gonta Ganti Pacar?